Resep Ongol-Ongol Tepung Hunkwe Kue Basah Tradisional

Resep Ongol-Ongol – Resep Ongol-Ongol Tepung Hunkwe Kue Basah Tradisional – Sudah tahukah anda apa itu Ongol-Ongol ? Ya, salah satu jenis makanan ringan khas Jawa Barat dengan bahan utama tepung sagu kering. Rasa yang nikmat berawal dari jenis Tepung Sagu yang digunakan, lebih baik menggunakan Sagu Aren yang berasal dari Papua.

Dengan demikian pastinya cukup susah untuk mendapatkan Tepung Sagu Aren dari Papua, oleh karena itu Resep Ongol-Ongol bisa digantikan dengan Tepung Hunkwe yang dijamin lebih kenyal denan rasa nikmat. Sebagai penikmat tambahan, taburan kelapa parut diatasnya akan membuatnya semakin nikmat dan gurih.

Mengingat Ongol-Ongol sebagai salah satu Kue Basah Tradisional, tentunya sangat mudah sekali menemukannya di Pasar Tradisional, namun di beberapa Toko Kue banyak juga yang telah menjualnya. Namun apakah semua itu menggunakan Tepung Hunkwe ? Ya jelas tidak, kebanyakan masih menggunakan Tepung Sagu biasa.

Baca Resep Kue berikutnya :

Resep Kue Basah Dari Tepung Beras

Mengapa kami merekomendasikan Tepung Hunkwe ? Karena kandungannya sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia berupa Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Karbohidrat, Energi, serta Protein., Hunkwe sendiri berasal dari Kacang Hijau yang diproses hingga menjadi Tepung berkualitas. Dengan demikian Tepung Hunkwe jika digunakan sebagai bahan dasar Resep Ongol-Ongol akan menghasilkan manfaat sebagai berikut :

  1. Bagus untuk proses Diet Sehat
  2. Anti Penuaan
  3. Mencegah Osteoporosis
  4. Mengurangi Hot Flashes
  5. Mampu mengatur Hormon Menopause
  6. Sebagai Anti Peradangan
  7. Mencegah Infeksi

RESEP ONGOL-ONGOL

Bahan Utama Ongol-ongol :

  • Garam halus – ½ sendok teh
  • Air mineral – 800 ml
  • Tepung Hunkwe – 1 Bungkus, 120 gram
  • Gula pasir – 115 gram
  • Gula merah – 125 gram

Bahan Taburan Kue Ongol-Ongol :

  • Garam – ¼ sendok teh
  • Kelapa parut – 200 gram

Resep Dan Cara Membuat Ongol-Ongol Kue Basah Tradisional Jawa Barat

CARA MEMBUAT ONGOL-ONGOL TEPUNG HUNKWE

  1. Masukan parutan kelapa dan garam kedalam satu wadah, aduk-aduk-aduk hingga merata lalu kukus kurang lebih 14 menit lamanya.
  2. Selanjutnya pisahkan hasil kukusan tersebut menjadi dua bagian, bagian satunya ratakan disuatu wadah persegi dengan ukuran panjang dan lebar maksimal 20cm.
  3. Langkah berikutnya, siapkanlah panci dan masukan air, garam, gula merah, dan gula pasir. Masaklah dengan api sedang.
  4. Setelah matang, saring dan tuangkan kedalam satu wadah hingga dingin.
  5. Setelah dingin, masukan tepung Hunkwe kedalamnya, aduk-aduk hingga tercampur sempurna.
  6. Selanjutnya masak kembali dengan api sedang hingga matang atau keluar gelembung (meletup).
  7. Proses berikutnya, tuangkanlah adonan yang sudah matang tersebut kedalam loyang yang sudah diberi parutan kelapa kukus.
  8. Setelah dituangkan, maka taburkan lagi sisa parutan kelapa yang sudah dikukus tadi diatasnya, tunggu 3 menit lalu tekan-tekan sejenak agar menempel dan merata.
  9. Setelah siap disantap, jangan lupa di potong-potong terlebih dahulu.

Begitulah Resep Ongol-Ongol sebagai Kue Basah Tradisional yang bisa anda coba kapan saja asalkan semua bahan tersedia dengan takaran yang pas.

Komentar Yang Baik Ya 🙂

Komentar

Resep Ongol-Ongol Tepung Hunkwe Kue Basah Tradisional | Resep Kue | 4.5